Rabu, 08 April 2015

Mengatasi Error Bluescreen pada PC / Laptop

Posted by with No comments


Halo halo sobat readers. apa kabar? semoga dalam keadaan sehat walafiat. alhamdulillah pertama tama mari sapa penonton (nah lohh??) #di tabok readers. oke gak jelas lupain aja. elsa balik nih bawa info. hayo info apa (gak penting lagi lupakan!) . pernah gak sih kalian nagalamin leptop atau pc yang lagi asik asiknya kita pakai langsung layarnya blank terus tampilannya jadi berubah warna jadi biru dan terdapat banyak pesan error. nah itu namanya "BLUESCREEN". Selamat membaca semoga bermanfaat 

Blue Screen Of Death (BSOD) trejadi karena adanya critical error pada sistem operasi Windows yang menyebabkan semua aplikasi yang sedang berjalan terpaksa harus dihentikan. saya akan berbagi pengalaman tentang beberapa tips cara memperbaiki komputer yang mengalami BlueScreen
Terkadang untuk kita para pemula, atau orang baru pada dunia komputer merasa sangat kesal dan sedikit merasa takut sih.Nah disini akan saya berbagi pengalaman tentang menghadapi masalah pada windows dimana tiba-tiba layar berubah menjadi biru yang biasa disebut oleh orang yang berkecimpung didunia IT (BlueScreen).

pertama tama jika sobat semua menghadapi masalah seperti yang saya bilang di atas. adalah jangan panik terlebih dahulu apalgi jika melihat screen yang bertulisakan "Dumping Memory, don't panic" jangan histeris terus berpikir bahwa memory RAM rusak atau Windows 7 rusak.

lalu jika sudah tenang. coba restart PC/Laptop. tunggu komputer booting ulang. jika bluescreen lagi jangan langsung pasrah dan marah marah. coba matikan PC nya, tekan Power button pada PC, tahan sampai PC benar benar off. kemudiah hidupkan lagi. ketika booting tekan F8 dan tunggu nanti sobat akan masuk pada jendela pilihan booting, di sini booting dengan safe mode, dan tunggu. 

langkah selanjutnya klik Start windows pilih control panel -> system & security -> action center -> recovery -> open system restore -> next -> next -> finish -> yes.
tunggu dan biarkan Windows restart otomatis, setelah itu windows akan booting lagi. jika berhasil windows akan booting secara nomral kembali dan tidak bluescreen atau dumping memory.

jika cara di atas tidak berhasil juga coba cara lain yaitu. 
repair System Operasi Windows . adakalanya Blue Screen terjadi karena ada beberapa file windows yang corrupt, untuk mengatasinya cara yang palingmudah adalah melakukan Repair pada sistem operasi Windows, dengan menggunakan DVD OS Windows sobat.

jika masih tidak bisa coba perikas perangkat Hardware.
yang pertama sobat periksa adalah Harddisk, terkadang kondisi harddisk yang bad, atau kurang baik, bisa mengakibatkan bluescreen, jika memang harddisk dalam kondisi baik dan tidak ada kerusakan coba periksa memory RAM sobat. pastikan jika RAM terpasang dnegan baik, atau jika memang di butuhkan periksa RAM sobat dengan menjalankan program "Windows Memory Diagnostic".

Semoga Berhasil, Selamat Mencoba ya guys :D

0 komentar:

Posting Komentar