Jumat, 13 Maret 2015

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)

Posted by with 1 comment



Pengertian DHCP

            DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah layanan yang secara otomatis memberikan nomor IP kepada komputer yang memintanya. Komputer yang memberikan nomor IP disebut sebagaiDHCP server, sedangkan komputer yang meminta nomor IP disebut sebagai DHCP Client. Dengan demikian administrator tidak perlu lagi harus memberikan nomor IP secara manual pada saat konfigurasi TCP/IP, tapi cukup dengan memberikan referensi kepada DHCP Server.
            Pada saat kedua DHCP client dihidupkan , maka komputer tersebut melakukan request ke DHCP-Server untuk mendapatkan nomor IP. DHCP menjawab dengan memberikan nomor IP yang ada di database DHCP. DHCP Server setelah memberikan nomor IP, maka server meminjamkan (lease) nomor IP yang ada ke DHCP-Client dan mencoret nomor IP tersebut dari daftar pool. Nomor IP diberikan bersama dengan subnet mask dan default gateway. Jika tidak ada lagi nomor IP yang dapat diberikan, maka client tidak dapat menginisialisasi TCP/IP, dengan sendirinya tidak dapat tersambung pada jaringan tersebut.
            Setelah periode waktu tertentu, maka pemakaian DHCP Client tersebut dinyatakan selesai dan client tidak memperbaharui permintaan kembali, maka nomor IP tersebut dikembalikan kepada DHCP Server, dan server dapat memberikan nomor IP tersebut kepada Client yang membutuhkan. Lama periode ini dapat ditentukan dalam menit, jam, bulan atau selamanya. Jangka waktu disebut leased period.

Kelebihan DHCP

1.    Memudahkan dalam transfer data kepada PC client lain atau PC server.
2.    DHCP menyediakan alamat-alamat IP secara dinamis dan konfigurasi lain. DHCP ini didesain untuk melayani network yang besar dan konfigurasi TCP/IP yang kompleks.



3.    DHCP memungkinkan suatu client menggunakan alamat IP yang reusable, artinya alamat IP tersebut bisa dipakai oleh client yang lain jika client tersebut tidak sedang menggunakannya (off).
4.    DHCP memungkinkan suatu client menggunakan satu alamat IP untuk jangka waktu tertentu dari server.
5.    DHCP akan memberikan satu alamat IP dan parameter-parameter kofigurasi lainnya kepada client.

kekurangan DHCP 

ini adalah tidak adanya otorasi ( pembuktian keaslian ). Selama komunikasi antara DHCP sever dan DHCP klien. Sehingga DHCP server tidak mengetahui jika ada DHCP klien yang tidak sah didalam jaringan. Juga DHCP klien tidak mengetahui ada DHCP server yang tidak sah didalam jaringan. Jadi kemungkinan ada komputer DHCP server dan klien palsu ( yang tidak termasuk dalam jaringan yang dibuat ).

1 komentar:

  1. đồng tâm
    game mu
    cho thuê nhà trọ
    cho thuê phòng trọ
    nhac san cuc manh
    số điện thoại tư vấn pháp luật miễn phí
    văn phòng luật
    tổng đài tư vấn pháp luật
    dịch vụ thành lập công ty trọn gói
    Sau đó toàn bộ thành viên của Bổ Thiên Các đều được phái ra ngoài tìm kiếm. Tuy không ai biết tên thiếu niên mặc áo đen kia là thần thánh phương nào nhưng ai cũng rõ, sự tình lần này không phải là chuyện đùa.
    Thiết Bổ Thiên khi nhận được tin liền lập tức phi ngựa ngay đến để chỉ huy Bổ Thiên Các, trực tiếp nhận lấy tất cả tin tức tình báo, tự mình điều binh khiển tướng.

    Còn hai đại quân doanh của Bổ Thiên Các đều xuất động toàn bộ binh sĩ, tản ra khắp Thiết Vân thành tiến hành tìm kiếm Sở Dương.

    Sau đó, tin tức “Vương cấp đại chiến” đã phát sinh trên đường cái Thiết Vân rất nhanh đã truyền tới tai của hắn.

    Thiết Bổ Thiên lập tức cảm thấy, trận đại chiến này chắc chắn có quan hệ tới tung tích của Sở Dương nên lập tức phái người đến ngay hiện trường xem xét, thậm chí còn phái hai vị Ảnh tử thiếp thân thị vệ của mình đi ra ngoài tra xét.

    Dù sao đó cũng chính là cuộc chiến của hai cường giả Vương cấp, cử người bình thường đi chẳng qua là để chịu chết mà thôi, căn bản chẳng làm nên được việc gì.

    Thiết Bổ Thiên vừa an bài mọi chuyện, vừa đi đi lại lại trong phòng, tâm phiền ý loạn, trong lòng tràn đầy sự lo lắng. “Sở Ngự Tọa, sẽ không có chuyện gì xảy ra với ngươi chứ?”


    BalasHapus